Teri, Ikan Mungil yang Bisa Bantu Jaga Kesehatan Jantung

rasa dan bau khas

topmetro.news – Teri adalah ikan yang banyak disukai. Ikan teri biasanya diolah menjadi berbagai macam variasi makanan. Ikan teri memiliki rasa dan bau khas yang lezat. Maka dari itu, ikan ini banyak disukai.

Ayo, siapa yang juga suka makan ikan teri? Biasanya ikan teri yang kamu sukai diolah menjadi masakan apa?

Di wilayah dekat Selat Malaka dan Laut Tiongkok Selatan, ikan teri biasanya digoreng dan dihidangkan dengan sambal serta nasi hangat. Terkadang juga dengan nasi lemak.

Kalau pada masa Romawi Kuno, ikan teri menjadi bahan dasar saus ikan fermentasi yang disebut garum. Nah, garum ini bisa disimpan lama. Sehingga bisa dijual ke tempat yang jauh dari pantai.

Fakta Ikan Teri

Ikan teri termasuk anggota Suku Engraulidae. Panjangnya maksimum hanya mencapai 5 cm. Namun, ada juga jenis ikan teri yang panjangnya mencapai 40 cm.

Tubuh ikan teri berwarna perak hijau kebiruan. Lalu, mengapa ikan teri yang kita lihat biasanya berwarna hijau? Itu dikarenakan proses penggaraman ikan teri. Proses penggaraman dilakukan untuk mengawetkan ikan teri.

Nah, proses tersebut membuat ikan teri yang tadinya berwarna perak hijau kebiruan itu berubah menjadi abu-abu.

Ikan ini termasuk dalam kelompok ikan berminyak. Soalnya daging ikan teri memang mengandung minyak.

Bentuknya memang kecil, tapi rupanya ikan satu ini enggak begitu sulit ditangkap. Soalnya, ikan teri hidup berkelompok di laut. Di laut, mereka suka memakan plankton.

Nah, kalau ada cahaya, gerombolan ikan ini akan mendekat. Makanya, nggak heran kalau ikan ini mudah ditangkap. Oleh karena itu juga, cahaya lampu sering dimanfaatkan para nelayan karena bisa menarik perhatian ikan teri.

Untuk menangkap ikan teri, nelayan biasanya menggunakan jaring angkat. Jaring ini bentuknya berupa empat persegi panjang.

Kandungan dan Manfaat

Ikan teri mengandung protein, lemak, kalsium, zat besi, kalium, fosfor, magnesium, niacin, folat, vitamin A, dan vitamin E. Kita bisa menjaga kesehatan jantung, tulang, dan otak dengan mengonsumsi ikan teri.

BACA | Susu Hanya untuk Pertumbuhan Anak? Ini Mitos dan Faktanya

Nah, siapa yang jadi makin suka makan ikan teri?

sumber | gridkids.id

Related posts

Leave a Comment